Tuesday, July 4, 2017

Histori Horta Doll Unik, Lucu, Kreatif, serta Edukatif

Histori Horta Doll Unik, Lucu, Kreatif, serta Edukatif

Boneka Horta atau dikenal juga jadi boneka hortikultura yaitu boneka lucu, menggemaskan serta Go Green, product Penjual Boneka Doraemon Wisuda ini pertama kalinya di buat oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dan hasil inovasi pertama di Indonesia yang di buat dengan masal dengan memadukan elemen permainan serta elemen edukasi yang bertopik tanaman. 

Awalannya, niatan membuat product ini yaitu untuk Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), manfaat ikuti Minggu Ilmiah Mahasiswa Nasional. BONEKA memiliki rambut rumput atau lebih di kenal jadi boneka horta jadi satu media tanam yang dikemas berbentuk boneka. Boneka ini di buat untuk memperkenalkan anak-anak ke dunia pertanian dengan instan. Diluar itu anak-anak bisa belajar mencermati perkembangan tanaman sembari bermain. Boneka ini mempunyai tujuan untuk memperkenalkan langkah menanam hidroponik atau menanam memakai media beda terkecuali dari tanah.


Horta Doll atau boneka horta atau dikenal juga jadi boneka hortikultura adalah boneka dari kombinasi beberapa bahan hidroponik yang dirangkai demikian rupa hingga mirip bentuk hewan, manusia, serta buah. Boneka horta ini di buat lewat penelitian sepanjang enam bln. pada 2004. Yang dapat dijaga serta jadikan jadi media alternatif penanaman tumbuhan dan jadi fasilitas edukasi pertanian. 

Bonekanya sendiri terbuat dari serutan gergaji yang dibungkus kain stoking untuk berikan bentuk muka, dipakai kain felt. Jika disiram dengan teratur diluar ruang akan tumbuh berbentuk semai atau benih (bayam, jagung, rumput bermuda cambah, serta padi) dalam kurun saat lebih kurang semingguan pada satu diantara tubuh boneka dibagian kepala atau punggung boneka yang sudah di beri benih, pupuk, serbuk kayu yang dimasukan dalam stoking. 

Beberapa macam type boneka horta diantaranya, boneka horta berupa kura-kura, panda, panda kecil, horta cup (kepala), platipus (kura-kura kecil), sapi, kodok, kucing, Gajah, Monyet, Macan, Kuda Mobil, abjad, school, boneka horta type babi serta boneka profesi seperti dokter, petani, pelaut, polisi, perawat, koki.

Langkah untuk menumbuhkan rambutnya serta supaya benih rumput itu tumbuh jadi mesti di rendam di air sepanjang satu jam atau lebih dengan tempat terbalik, lantas mesti disiram dengan teratur minimum 2 x satu hari. Pada hari ke-3 atau paling lama satu minggu, akan mulai berkembang kecambah diatas kepala boneka. Selanjutnya jadilah satu boneka dengan rambut kepala yang dapat tumbuh panjang sesuai sama benih yang sudah di tanamnya.


Boneka horta mempunyai sebagian manfaat, diantaranya mengajarkan kedisiplinan yakni lewat kedisiplinan dalam menyiram serta dengan cara menanam tanaman ini anak bisa belajar tentang cahaya. Sebab tanaman ini mesti disimpan di tempat yang teduh pada minggu pertama karna cahaya bisa menghalangi perkecambahan. Terkecuali ke-2 hal itu, kehadiran boneka ini dapat juga mengajarkan mengenai kewirausahawan, karna banyak customer boneka horta ini yang pilih untuk menjualnya kembali. 

No comments:

Post a Comment