Tuesday, June 6, 2017

5 Boneka Jepang yang Unik

5 Boneka Jepang yang Unik

Assalamu'alaykum.
Kembali pada dengan bahasan mengenai Jepang. Saya senantiasa semangat saat tengah menulis tulisan mengenai Jepang. Terkecuali karna saya begitu punya mimpi menginginkan ke Negeri Sakura itu, mencari bahan untuk tulisan dapat menaikkan pengetahuanku ^___^

Well, berikut ini saya menginginkan memberitahukan boneka-boneka yang Jepang banget! Saya, sih, sukanya sama boneka Kokeshi. Ingin tahu 'penampakan' mereka? Check this out :) Souvenir Wisuda

1. Daruma/Dharma


Untuk kalian yang pernah membaca Doraemon, mungkin saja pernah tahu mengenai boneka ini. Sedikit narasi, nih, ya. Nenek Nobita berikan Nobita boneka Daruma waktu Nobita kecil menangis. Menurut dia, Nobita sebaiknya setegar boneka Daruma yang meskipun terjatuh berulang-kali bisa kembali berdiri.

Nah, boneka Daruma miliki tubuh agak bulat dengan mata putih, berkumis, serta berjambang. Matanya yang putih itu, umumnya berisi warna hitam di bagian kanan saat kita menginginkan suatu hal. Sedang, bola mata samping kiri kita isi saat hasrat kita terkabul. Umumnya, harapan itu di buat waktu th. baru.

2. Kokeshi

Boneka yang telah populer mulai sejak zaman Edo (1603-1867) ini mempunyai bentuk tubuh yang silinder, kepala bulat, serta tidak miliki kaki maupun tangan. Dahulu, boneka ini yaitu cindera mata untuk beberapa pengunjung pemandian air panas, namun saat ini telah dapat dibeli di Jepang tanpa ada kita mesti ke pemandian air panas. Kokeshi modern umum dimaksud shingata kokeshi, sedang yang tradisional dimaksud dento kokeshi.

3. Teru Teru Bozu

Yang memiliki nama keren ini berperan jadi penangkal hujan. " Teru " dalam bhs jepang melukiskan sinar matahari, sedang " bozu " bermakna biksu, menghadap ke kepala botak teru teru bozu.


4. Karakuri

Karakuri ini biasanya ada tiga type : Butai Karakuri (舞台からくり Karakuri Panggung) yang dipakai di teater/panggung. Zashiki Karakuri (座敷からくり tatami room karakuri?) yang kecil serta dimainkan dalam tempat tinggal. Dashi Karakuri (山車からくり festival car karakuri?) yang dipakai dalam festival keagamaan, di mana boneka ini dipakai untuk menghadirkan mitos atau legenda tradisional.

5. Hakata Ningyo

Boneka yang konon datang dari daerah Hakata (saat ini Fukuoka) ini datang dari tanah liat yang mulai mendunia mulai sejak seniman asal Rokusaburō Shirouzu mulai pelajari teori warna, pembagian manusia, serta teori dan tehnik artistik modern Itusyo Yada, seseorang pelukis cat minyak, yang pada akhirnya jadikan pembuatan Hakata yang lebih realistis. Hakata juga memiliki sebagian festival populer yakni Hakata Gion Yamakasa, yang juga melibatkan pengapung Ningyo. (http :// www. hikaruyuuki. com)


No comments:

Post a Comment