Friday, June 2, 2017

Boneka Ichimatsu yang Misterius

Boneka Ichimatsu yang Misterius

Bukanlah Boneka Teddy Bear Love - Bila di Indonesia boneka-boneka anak-anak didominasi oleh boneka seperti boneka teddy bear love, boneka panda lucu, hello kitty, dan lain-lain. Namun tidak sama dengan adanya ini, di Jepang ada satu boneka yang cukup unik untuk kita kenali serta ini masih tetap ada jalinan dengan anime Gugure! Kokkuri-san. Apabila Akiba-kei dan Akiba-chan nonton anime Gugure! Kokkuri-san, pasti tau dong tokoh dasarnya. Ichimatsu Kohina yakni tokoh paling penting dari anime itu. Boneka Wisuda Playgrup

Dalam anime itu, Kohina selalu berkata, “Ichimatsu wa ningyou na no desu (Ichimatsu yakni boneka). ” Kenyataannya di Jepang memang benar ada boneka yang disebut Ichimatsu ningyou (boneka Ichimatsu). Gambaran Ichimatsu Kohina memang sama dengan boneka Ichimatsu. Inginkan tahu lebih jelas tentang boneka Ichimatsu?? Berikut ini penuturannya.

Boneka Ichimatsu mewakili anak lelaki atau anak wanita yang besarnya seimbang dan dilapisi sewarna dengan warna kulit dan sepasang mata kaca. Awal mulanya, Ichimatsu diberi nama oleh seorang aktor Kabuki setelah masa ke-18, dan mewakili bentuk manusia dewasa, tetapi sejak mulai akhir masa ke-19 arti ini diberikan ke boneka anak-anak.


Boneka anak kecil dengan ekspresi nakal yaitu yang paling popular di akhir masa ke-19 dan dimuka masa ke-20. Tetapi pada th. 1927 Pertukaran Boneka Persahabatan dilibatkan dalam pembuatan 58 boneka anak wanita 32 inch yang mengagumkan, untuk diberikan sebagai hadiah dari anak-anak Jepang pada anak-anak di Amerika Serikat.

Dan estetika dari boneka yang mengagumkan ini merubah sebagian pembuat boneka untuk buat tipe anak wanita yang anggun, ramah, lembut dengan balutan kimono.

Boneka Ichimatsu sekilas memang tampak normal, tetapi beberapa orang terutama yang tidaklah orang Jepang, mengaku ada satu hal di dalam boneka ini. Mungkin saja saja apabila kita saksikan Ichimatsu yang ada pada anime Gugure! Kokkuri-san kesannya kawaii atau lucu, tetapi sebaliknya apabila saksikan boneka Ichimatsu yang sesungguhnya, kesan seram yang terlihat. Ditambah lagi, boneka tipe ini memang sering terlihat di anime, manga atau film horror sebagai boneka kutukan yang punyai kekuatan magis dan rambutnya bisa memanjang seperti rambut manusia.

 

Tentang narasi tentang boneka Ichimatsu/ichimatsu dolls yang cukup menyeramkan. Narasi ini tentang boneka yang disebut boneka Okiku. Boneka Okiku yakni boneka tipe Ichimatsu. Boneka ini dibeli pada th. 1918 oleh Eikichi Suzuki di Sapporo dan dihadiahkan untuk adiknya yang baru berumur 2 th. bernama Okiku.

Okiku demikian menyayangi boneka itu dan memainkannya keseharian, namun tak lama kemudian Okiku meninggal dunia karena demam. Gagasannya boneka Okiku akan di input dalam peti matinya, namun tidak jadi karena lupa.


Selanjutnya boneka ini ditempatkan di altar tangga tempat tinggal dan keluarga berdoa keseharian untuk memperingati Okiku yang telah meninggal dunia, lalu semakin lama mereka saksikan rambut boneka mulai tumbuh memanjang. Menurut cerita, roh dari anak itu berlindung di dalam boneka itu. 

No comments:

Post a Comment